love

Free JavaScript from
Rainbow Arch

biru

Diberdayakan oleh Blogger.

hello kitty

Rabu, 24 September 2014

Makanan Khas Kota Angin (NGANJUK)
1. Nasi Becek
Nasi becek adalah hidangan khas yang berasal dari Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia. Di tempat asalnya hidangan ini dikenal dengan nama sego becek.
Nasi Becek, hidangan khas dari Nganjuk, Jawa Timur
Sego becek adalah hidangan yang mirip dengan kari/kare kambing. Isi dari sego becek nyaris serupa dengan soto babat, namun diberi potongan sate kambing yang telah dilucuti dari tusuk satenya. Daging yang dipilih adalah daging kambing. Tidak lupa diberi potongan bawang merah yang menambah kenikmatan rasa hidangan ini.
Secara keseluruhan, rasanya mungkin cenderung mirip dengan mayoritas makanan sejenis yang berkembang di daerah Solo, Jawa Tengah. Cenderung manis dan tidak asin, berbeda dengan umumnya hidangan utama ala Jawa Timuran yang cenderung asin.
Saat tulisan ini dibuat, seporsi hidangan ini dijual seharga Rp 10.000. Cukup murah untuk ukuran makanan khas disana. Para penjual sego becek biasanya dapat dengan mudah di jumpai didaerah sekitar jalan Dr. Soetomo di kota Nganjuk.
2. Dumbleg
Dumbleg merupakan makanan yang berbahan dasar tepung beras, gula merah, dan santan kelapa. Meskipun begitu, ini merupakan makanan yang tidak biasa karena di Kabupaten Nganjuk sendiri, dumbleg hanya ada di Kecamatan Gondang dan Rejoso.
Selain itu ciri khas yang sangat menonjol dan membedakan dumbleg berbeda dari kue-kue lainnnya adalah pelepah pohon pinang yang digunakan untuk membungkusnya. Pelepah pohon pinang ini sendiri berjenis Pinang Jawa. Ini menjadikan rasa dumbleg semakin enak dan gurih.
Ada dua rasa untuk dumbleg. Dumbleg merah untuk rasa gula merah dan dumbleg putih untuk rasa sanaan. Kedua rasa ini tak pernah berubah sejak jaman dulu. Meskipun begitu tak menurunkan minat orang untuk menikmatinya justru semakin kesini semakin bertambah banyak yang ingin untuk menikmatinya karena sejak dulu pula, pembuatan dumbleg tidak pernah menggunakan bahan pengawet.
Hali ini membuktikan bahwa dumbleg memang merupakan jajanan yang benar-benar eksotis yang mampu bertahan ditengah zaman semodern ini. Bahkan sekarang ini bnyak bermunculan berbagai kreasi menu dumbleg. Misalnya dengan diberi parutan kelapa, dicelup ke dalam coklat, ataupun dengan menambahkan keju. Oleh karenanya, sekarang ini dumbleg semakin dikenal luas hingga mancanegara.
Dumbleg adalah jajanan tradisional khas Nganjuk Jawa Timur, tepatnya di daerah kecamatan Gondang dan sekitarnya. Makanan yang unik ini memang mirip pudak (makanan khas Gresik) tapi yang membedakan adalah rasa dan tampilannya. Rasa dumbleg ini manis legit dan bentuknya panjang seperti lontong. Jajanan ini terbuat dari tepung beras, gula jawa & santan yang dibungkus dari pelepah jambe.
Saking tradisionalnya jajanan ini biasa ditemui di kota kecil di Pasar Pon Gondang, bahkan di kota Nganjuk pun susah kita menemukan makanan ini. Bahkan banyak juga (mungkin) orang-orang Nganjuk tidak
begitu banyak mengenal makanan lezat ini. Hal ini karena kurang populernya dan promosi jajanan khas Nganjuk yang unik ini. Bahkan dumbleg kalah populer dengan Tahu Taqwa dari Kediri, Brem dari Madiun
dan Ledre dari Bojonegoro. Hanya Nganjuk dan Jombang (Gupal) yang kurang mempromosikan jajanan khasnya yang unik ini.

 source: https://www.facebook.com/permalink.php?id=133805239991273&story_fbid=426321110739683

0 komentar:

Posting Komentar